Sabtu, 03 November 2012

Kisah Ambarisa 01 s/d 05

By
01. Sukadewa Goswami bersabda kepada Raja Parikesit :

"Putra Nabhaga yang bernama Naabhaaga hidup selama bertahun-tahun berguru di kediaman seorang guru spritualnya, sehingga para saudara-saudaranya berpikir ia tidak akan kembali menjalani masa grhastanya. Tanpa banyak berpikir mereka membagi-bagi harta kerajaan diantara mereka sendiri tanpa meninggalkan sisa apapun untuknya. Sewaktu Naabhaaga kembali dari perguruannya, mereka memberikan ayah mereka sebagai pembagiannya."

02. Naabhaga memohon, "Wahai para saudara-saudaraku, di manakah hak-hakku akan kekayaan ayahku ?" Dan para kakak-kakaknya menjawab, "Kami telah menyisahkan ayah kami sebagai bagianmu." Tetapi sewaktu mengunjungi ayahnya dan menceritakan hal tersebut, sang ayah menjawab : "Jangan dikau mendengarkan kata-kata mereka yang penuh dengan berbagai tipu-daya, aku bukan milikmu."

03. Ayah Naabhaga berkata : "Keturunan Angira seluruhnya akan segera melakukan sebuah upacara pengorbanan, dan walaupun mereka ini sangat cerdas, tetapi pada setiap hari keenam upacara mereka akan kacau-balau jalan pikirannya dan tidak akan mampu melanjutkan upacara pengorbanan dengan baik dan mereka akan melakukan berbagai kesalahan dalam menunaikan kewajiban mereka sehari-hari."

04/05. Ayah Naabhaaga melanjutkan : "Pergilah ke para resi yang agung ini dan jabarkan dua mantra Veda yang kuberikan kepadamu ini kepada mereka. Sewaktu mereka selesai dengan upacara pengorbanan mereka (dan tidak kacau lagi pada hari ke enam upacara), maka mereka semua akan pergi ke swargaloka, mereka akan memberikan sisa harta-benda yang mereka terima untuk upacara ini kepadamu. Jadi cepatlah pergi." Dan Naabhaagapun melaksanakan perintah ayahnya dan berhasil mendapatkan kekayaan yang luar biasa dari para resi-resi ini yang kesemuanya berhasil moksha ke loka-loka lainnya."

Source : oka.nila@yahoo.com




0 comments:

Posting Komentar